Senin, 05 Januari 2009

INSTRUKSI UNTUK MENYIAPKAN DAN MENYAJIKAN

INSTRUKSI UNTUK MENYIAPKAN DAN MENYAJIKAN
KARYA TULIS ILMIAH STANDARDISASI 2008

Arfan Bakhtiar*), Diana Puspitasari**)
*)Program Studi Teknik Industri Undip
**) Program Studi Teknik Industri Undip
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang – Semarang 50275
Telp/Fax. 024-7460052
arfbakh@yahoo.com
dianapus@industri.ft.undip.ac.id

Abstraksi

Artikel ini mengilustrasikan persiapan karya tulis dengan menggunakan MS-WORD. Karya tulis sebaiknya tidak berbentuk nomor. Karya tulis ditulis dalam bahasa indonesia. Panjang dari karya tulis sebaiknya antara 10 sampai 15 halaman, dalam format ini menggunakan A4 yang tulis dengan 2 kolom. Judulnya sebaiknya termasuk judul yang singkat, penulis, dan sebuah abstraksi sekitar 200 kata yang ditulis diawal karya tulis. Organisasi, alamat dan kode pos, dan telepon dan nomor fax dan juga alamat email yang ditulis dibawah nama penulis. Karya tulis dimulai dengan judul yang menggunakan ukuran huruf 16 Times New Roman. Lalu dikuti dengan detil dari setiap penulis dengan ukuran huruf 10 Times New Roman. Abstrasi ditulis dengan ukuran huruf 10 Times New Roman. Pada bagian judul diberi garis tebal (bold) dengan ukuran huruf 12 Times New Roman. Sisanya dari karya tulis sebaiknya menggunakan tipe huruf Times New Roman dengan ukuran huruf 11. Jika ada pertanyaan, silahkan mengirim pesan ke lkti.standardisasi@gmail.com atau mengunjungi website Teknik Industri UNDIP dengan alamat industri.ft.undip.ac.id


Pendahuluan
Cara yang paling mudah adalah pastikan sesuai dengan persyaratan untuk digunakan dalam dokumen ini copy lalu paste isi dari karya tulismu ke dokumen. Format utama dari karya tulis adalah terdiri dari 2 kolom dengan spasi 1 cm. Bagian heading sebaiknya ringkas dan diurutan berdasarkan nomor, digunakan sistem decimal untuk sub bab. Untuk penekanan kata sebaiknya menggunakan garis miring. Penulisan makalah mengikuti garis besar sistematika sebagai berikut :
Latar Belakang
Landasan Teoritis (Literature Review)
Metodologi dan data
Analisis
Kesimpulan dan rekomendasi

Heading
Heading sebaiknya jumlahnya tidak lebih dari 1 baris, dan sebaiknya tepat diletakkan dikiri
II.1 Second – Level Heading
Bagian selanjutnya dari heading adalah diberi garis tebal, Heading diletakkan pada sebelah kiri dengan margin kiri
II.1.1 Third-Level Heading
Third level heading mengikuti gaya second level heading. Dan hindari penggunaan lebih dari third-level heading
Tinjauan Pustaka
Bagian – bagian, dalil – dalil, kesimpulan - kesimpulan, pernyataan – pernyataan, contoh – contoh, pendapat – pendapat, gambar – gambar, dan tabel – tabel secara beruntun diberi nomor dalam tiap kategorinya.
Rujukan di buat dalam Parenthetical Reference
Contoh: ( lihat bagian yang di highlight)
…. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan I 2004 diperkiranka sebesar 4,2-4,7 persen (Bank Indonesia, 2004)

Tabel 1: Sebuah tabel atau gambar harus memiliki judul yang jelas





Gambar Dan Tabel
Setiap gambar harus memiliki judul gambar di bawah gambar tersebut sedangkan judul tabel harus berada di atas tabel tersebut. Setiap kata harus ditulis dalam huruf kecil kecuali karakter pertama dari tiap – tiap kata ditulis huruf besar dengan ukuran huruf Times New Roman 10. Setiap gambar dan tabel harus dinomori secara berurutan.


Gambar 1: Judul dari gambar harus muncul di bawah gambar

Tabel 2: Judul dari tiap tabel harus berada di atas tabel tersebut




Mengutip Referensi
Setiap referensi harus ditulis dengan urutan penulis, tahun publikasi, judul atau sumber. Nama jurnal, nama/judul proceedingnya, dan judul buku harus dicetak miring dan huruf kapital untuk setiap kata. Judul artikel harus datar dan hanya karakter pertama yang huruf besar. Tahun terbit harus muncul setelah nama penulis, tahun publikasi, dan judul artikel. Nomor volum jurnal harus dicetak tebal. Urutan nomor volum tidak diperlihatkan kecuali ada kerancuan. Corak dari referensi diilustrasikan. Tiga atau lebih penulis dari referensi hanya ditulis penulis pertama diikuti et al. Sebagai contoh (Yoshimura et al. 1990). Sangat direkomendasikan untuk menghindari sumber dari web jika ketersediaan sumbernya tidak dapat dijamin. Jika ada sumber dokumen resmi, sebagai contoh sebuah jurnal, untuk dokumen yang sama, dimohon untuk merujuk pada dokumen resmi. Namun jika kamu menggunakan sumber dari web, maka judul, nama penulis, dan tahun pembuatan, harus diklarifikasi sedetail mungkin.

DAFTAR PUSTAKA

Alwan, Layth C. 2000. Statistical Process Analysis. Singapore : Mc Graw- hill International edition.
Fryman, Mark A. 2002. Quality and Process Improvement. Thomson Learning. United States of America.
Kume, Hitoshi. 1985. Metode Statistik untuk Peningkatan Mutu. Jakarta: PT. Melton Putra.
Mitra, Amitava. 1993. Fundamental of Quality Control and Improvement. New York: Macmillan Publishing Company.
Montgomery, Douglas C. 1993. Pengendalian Kualitas statistik. New York: McGraw- Hill. Inc.

1 komentar:

Indra mengatakan...

salam kenal dari saya

sukses selalu

TIME IS MONEY

ISLAMIC FINDER

Loading...